Kamis, 03 Desember 2009

Fitch Naikkan Peringkat Nasional BCA Finance ke AA


KORAN RAKYAT,JAKARTA
Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings menaikkan peringkat nasional jangka panjang PT BCA Finance ke AA dari sebelumnya AA- dengan prospek peringkat stabil. Fitch juga menaikkan peringkat dua obligasi perseroan.

Demikian disampaikan dalam siaran pers Fitch, Jumat (4/12/2009).

Menurut analis Fitch Julita Wikana, naiknya peringkat BCA Finance tidak lepas karena kemampuan perseroan menjaga kinerja keuangannya dalam kondisi perekonomian tidak menentu. Fitch juga menilai BCA Finance mendapatkan dukungan penuh dari induk usaha yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Pada Agustus 2009, Fitch juga telah menaikkan peringkat nasional BBCA juga naik menjadi AAA dari sebelumnya AA+. Selain itu, Fitch juga menetapkan peringkat ekspektasi AA untuk obligasi senior bertenor 15-48 bulan senilai Rp 500 miliar serta menetapkan peringkat AA- untuk obligasi bertenor 5 tahun senilai Rp 100 miliar yang akan diterbitkan perseroan.

Menurut Fitch, kualitas aset BCA Finance cukup kuat karena didukung oleh fokus perusahaan pada pinjaman dengan uang muka yang lebih tinggi (minimum 20%) dan pemantauan pembayaran cicilan secara ketat. Rasio pinjaman bermasalah (NPL), terutama yang telah jatuh tempo lebih dari 90 hari, membaik menjadi 0,2% dari piutang bersih yang dikelola pada akhir September 2008.

Kinerja keuangan BCA Finance juga dinilai telah meningkat dengan tingkat pengembalian rata-rata (ROA) sebelum pajak meningkat menjadi 30% (disetahunkan) hingga triwulan III-2009.

Tidak ada komentar: